Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 Desember 2017

Motor Bukan Hanya Tentang Gas dan Rem

"... Ayah, ajarin bawa motor ya..!!??"

Anak gw yg gede dah berapa kali minta itu. Sering malah, tp gag pernah gw kasih.
Gw pelit?????
NO.... Tidak sama sekali. Itu semua karena gw dah paham jalan raya seperti apa. Gw ngabisin 2 jam kurang lebih di jalan bolak balik kerja. Dan gw tau pasti, ketika dia ingin merenggut sesuatu, jalan raya tak mengenal jenis kelamin, umur dan segala atribut kemanusiaanmu.
Thats why anak gw belum gw ijinin bawa motor kayak temen2nya yg lain.
Naik motor bukan hanya perkara kaki dah nyampe apa belum. Bukan hanya tentang mainin gas n pencet rem. Bukan sama sekali.
Ketika naik motor, disitu ada timing, kapan cepat kapan lambat. Kapan nyalip, n kapan anteng di belakang. Pake lampu sein yang bener, jangan kayak emak2 kekinian yg sein kiri tp belok kanan.
Naik motor juga kudu punya empati, merhatiin kebutuhan pengguna jalan lain. Belajar ngalah biar selamat.
Harus bisa sabar ketika yg lain sumbu emosinya pendek.
Bahkan kita juga harus paham, kapan kita mencet klakson dengan "pantas", biar gag kayak orang2 kampung yg mencet2 klakson pdhal lampu stopan masih merah.
Banyak yg kudu dipahamin dan bukan hanya tentang motor. Karena ini masalah mental,  dan ini yang lebih penting dari kemampuan kita bawa motor.
Makanya gw absolutely gag mau kayak orang2 tua kekinian yg ngebebasin anaknya yg dibawah umur (banget) buat bawa motor.
2 question,
1. Emang siap kalo ada apa2 ama anak kita dijalan krn kita, orang tua, ngijinin dia bawa motor demi kliatan gaul diantara temen2nya??
2. Iya, kl anak kita doang yg celaka. Kl nyelakain anak orang lain? Siap tanggung jawab moralnya??
Think again wahai para orang tua.